Saturday, April 19, 2014
   
Text Size

Evaluasi Kegiatan

A. Pengertian

Evaluasi kegiatan adalah suatu usaha untuk mengukur dan memberikan nilai secara objektif atas pencapaian hasil-hasil pelaksanaan kegiatan yang telah direncanakan sebelumnya. Evaluasi selalu berupaya untuk mempertanyakan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan dari suatu rencana. Disamping itu evaluasi juga mengukur hasil-hasil pelaksanaan secara objektif dengan ukuran yang dapat diterima oleh seluruh pihak yang terlibat.

B. Tujuan Evaluasi

Tujuan evaluasi dari suatu kegiatan adalah untuk mengetahui dengan pasti apakah pencapaian hasil, kemajuan dan kendala yang dijumpai dalam pelaksanaan kegiatan dapat dinilai dan dipelajari untuk perbaikan pelaksanaan kegiatan di masa yang akan datang. Fokus utama evaluasi ini adalah lebih diarahkan kepada hasil, manfaat dan dampak dari program.

C.Lingkup Evaluasi

Evaluasi merupakan cara untuk membuktikan keberhasilan atau kegagalan dari rencana pelaksanaan kegiatan. Oleh karena itu, pengertian evaluasi sering digunakan untuk menunjukkan tahapan sikius pengelolaan kegiatan yang mencakup :

1.Evaluasi Pada Tahap Perencanaan (ex-ante)
Pada tahap perencanaan, evaluasi sering digunakan untuk memilih dan menentukan skala prioritas dari berbagai alternatif dan kemungkinan cara mencapai tujuan yang telah dirumuskan sebelumnya.
2.Evaluasi Pada Tahap Pelaksanaan (on going)
Pada tahap pelaksanaan, evaluasi digunakan untuk menentukan tingkat kemajuan pelaksanaan kegiatan dibandingkan dengan rencana yang telah dirumuskan sebelumnya.
3.Evaluasi Pada Tahap Pasca Pelaksanaan (ex post)
Evaluasi ini diarahkan untuk melihat apakah pencapaian kegiatan mampu mengatasi masalah pembangunan yang ingin dipecahkan. Evaluasi ini dilakukan setelah kegiatan berakhir untuk menilai efisiensi, efektivitas maupun manfaat dari kegiatan tersebut. Pihak IDB dalam hal ini Operations Evaluation & Audit Office akan melakukan post evaluation terhadap pelaksanaan proyek 2 (dua) tahun setelah proyek berakhir untuk melihat hasil dan kesinambungan pelaksanaan kegiatan.
4.Pelaksanaan Evaluasi
Berdasarkan hasil rapat pemantauan, Kementerian Negara PPN/ Bappenas melakukan evaluasi terhadap hasil-hasil pencapaian kinerja pelaksanaan kegiatan pada Kementerian/ Lembaga/ Pemerintah Daerah/ BUMN. Evaluasi tersebut akan membandingkan jumlah waktu pelaksanaan yang telah dilalui dengan jumlah dana yang telah terserap.
Indikator pencapaian kinerja pelaksanaan kegiatan terdiri dari:
a. Realisasi penyerapan dana
b. Perkembangan pembangunan fisik
c. Perkembangan proses pengadaan barang dan jasa
d. Permasalahan serta kendala yang dihadapi
e. Langkah tindak lanjut yang diperlukan

Indikator tersebut menjadi parameter dan dasar penilaian pelaksanaan kegiatan. Pengkajian ulang akan dilakukan terhadap kegiatan yang tidak memenuhi indikator-indikator tersebut. Penyebab rendahnya penyerapan dana akan diidentifikasi sehingga dapat diambil langkah-langkah penyelesaian. Untuk permasalahan yang tidak memerlukan perubahan NPPHLN, atau untuk hal-hal yang bersiifat administratif atau keterlambatan korespondensi, akan dikeluarkan rekomendasi oleh Eselon I Kementerian PPN yang ditujukan kepada Eselon I Penanggungjawab pelaksanaan kegiatan pada Kementerian/. Lembaga/ Pemerintah Daerah/ BUMN yang bersifat percepatan dan penyelesaian.
Restore Default Settings